Tugas softskill Komunikasi bisnis
Nama : Elvira Ayu Dewi
Kelas : 3SA06
Npm : 13614537
"Bahasa Inggris merupakan berperan penting dalam berkomunikasi bisnis pada ruang lingkup kerja perusahaan asuransi (Prudential) "
BAB 1
Bahasa
merupakan suatu ungkapan yang mengandung maksud untuk menyampaikan sesuatu
kepada orang lain. Sesuatu yang dimaksudkan oleh pembicara bisa dipahami dan
dimengerti oleh pendengar atau lawan bicara melalui bahasa yang diungkapkan.
Chaer
dan Agustina (1995:14) fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi.
Kridalaksana (dalam Aminuddin, 1985: 28-29) mengartikan bahasa sebagai suatu
sistem lambang arbitrer yang menggunakan suatu masyarakat untuk bekerja sama,
berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
Menurut Hallyday
(1992), memiliki 7 Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yaitu sebagai fungsi instrumental : bahasa digunakan untuk
memperoleh sesuatu, fungsi regulatoris: bahasa digunakann untuk mengendalikan
prilaku orang lain, fungsi intraksional: bahasa digunakan untuk berinteraksi
dengan orang lain, fungsi personal: bahasa dapat digunakan untuk
berinteraksi dengan orang lain, fungsi heuristik: bahasa dapat digunakan untuk
belajar dan menemukan sesuatu, dan terakhir ialah fungsi imajinatif:
bahasa dapat difungsikan untuk menciptakan dunia imajinasi,
fungsi
representasional: bahasa difungsikan untuk menyampaikan informasi.
Menurut Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis
didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan
dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis diartikan
sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan
dari bisnis tersebut.
Menurut Purwanto (2006:4), Pengertian komunikasi bisnis
adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai
macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya,
terdapat 2 bentuk dasar komunikasi dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal
dan nonverbal, yang pertama ialah komunikasi verbal yang merupakan salah satu bentuk komunikasi
untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik tertulis (written)
maupun lisan (oral). Komunikasi verbal ini memiliki struktur teratur dan
terorganisasi dengan baik, sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat
tercapai dengan baik. Dalam dunia bisnis, beberapa contoh komunikasi verbal
yakni: penyampaian pesan melalui surat, memo, teknologi komunikasi modern,
rapat pimpinan, briefing kepada karyawan, wawancara kerja, dan presentasi, dan
lain-lain. Yang kedua ialah komunikasi nonverbal. Berdasarkan teori antropologi, sebelum
manusia menggunakan kata-kata, mereka telah menggunakan komunikasi nonverbal
dalam gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh (body language) sebagai alat untuk
berkomunikasi dengan orang lain. Contoh sederhana komunikasi nonverbal: sikap
seseorang yang secara spontan mengerutkan dahi, raut muka yang berubah, atau
mata berkedip-kedip tanpa disengaja dan tak pernah direncanakan sebelumnya.
Contoh lainnya, disaat Anda memperoleh kabar bahwa anak kesayangan anda
satu-satunya mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama dalam lomba tingkat nasional
atau internasional! Bagaimana reaksi anda pada saat itu? Senang bercampur haru,
Atau melihat ekspresi wajah rekan Anda yang menghadapi masalah, kesusahan
maupun mereka yang senang atau gembira.
Di
era globalisasi yang semakin lama mengikuti peradaban zaman, maka hubungan
internasional semakin diperluas. Tidak hanya dalam hubungan internasional,
kemajuan teknologi juga sangat berperan di era globalisasi ini. Dalam hubungan
internasional diikuti oleh berbagai macam Negara diseluruh penjuru dunia. Dalam
hubungan internasional banyak pula kerja sama yang dilakukan, diantaranya yaitu
usaha politik, usaha keamanan dan ketertiban Negara, usaha komoditi ekspor dan
import, bisnis, hubungan diplomatik dll. Dalam hubungan internasional digunakan
pula komunikasi untuk menunjang suksesnya kerja sama tersebut. Agar negoisasi
bisnis dengan negara lain berjalan dengan lancar perlu adanya sebuah bahasa
komunikasi yang dimengerti oleh kedua belah pihak. Komunikasi dapat berupa
lisan maupun tulisan, Bahasa inggris dipilih menjadi bahasa “bisnis” atau
bahasa untuk mereka berkomunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman saat
menjalin kerja sama. Bahasa inggris di dalam era globalisasi ini digunakan
sebagai bahasa bisnis, bahasa pergaulan internasional, pengerektutan karyawan
di perusahan berskala internasional. Oleh karena itu seiring berkembangnya
zaman kita harus dituntut untuk lebih mengenal bahasa asing atau bahasa inggris
bahkan bisa dikatakan bahwa penguasaan bahasa inggris sangat berpengaruh dalam
persyaratan yang diajukan. perusahaan untuk merekrut para karyawannya. Jadi
jangan heran jika banyak perusahaan mewajibkan pekerjanya memiliki kemampuan
berbahasa inggris.
Dalam era yang
serba modern seperti saat ini, tingkat persaingan bisnis yang tinggi membuat
perusahaan berlomba-lomba untuk mempertahankan, memenangkan persaingan pasar
serta memperluas keeksistensiannya. Industri sejenis akan selalu berusaha
memperebutkan pasar yang sama. Imbas dari persaingan itu tentunya sangat jelas
dimana konsumen kemudian menjadi semakin kritis memilih yang terbaik bagi
mereka. Maka dari itu pemasaran perlu mengetahui dan mempelajari kebutuhan dan
keinginan konsumen, serta karakter yang dimiliki konsumen. Salah satu
bidang bisnis yang
berkembang pesat saat ini adalah insurance ( asuransi) . Hal ini
ditandai dengan semakin banyaknya populasi masyarakat yang banyak dan tingkat kebutuhan
masyarakat akan jaminan resiko hidup. Apa
itu polis asuransi? Yang dimaksud dengan polis asuransi adalah suatu
perjanjian asuransi ataupun pertanggungan yang sifatnya konsensual atau
terdapat kesepakatan. Polis asuransi ini harus dibuat secara tertulis dalam
suatu akta antara pihak-pihak yang mengadakan perjanjian, dan pada akta yang
dibuat secara tertulis tersebutlah yang dinamakan sebagai Polis asuransi. Jadi
polis asuransi yaitu suatu tanda bukti tertulis kesepakatan antara pihak
tertanggung (nasabah) dan pihak penanggung (perusahaan asuransi).
Pada
laporan ini, penulis akan menceritakan dan juga memberikan hasil tentang
kegiatannya untuk menyelesaikan matakuliah Komunikasi Bisnis yang merupakan
matakuliah softskill serta mengetahui
bagaimana sejarah, visi misi perusahaan, peran bahasa dalam perusahaan
tersebut sebagai bentuk komunikasi bisnis, serta informasi lainnya. Tempat yang
penulis kunjungi untuk mendapatkan informasi untuk bisa menyelesaikan tugas
kuliah tersebut adalah Prudential yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman
Kav.79, Jakarta Selatan. Penulis mendapatkan hasil laporan ini dari narasumber
yang merupakan seorang pekerja di
prudential bagian financial advisor/ perencana keuangan yang memiliki pekerjaan
sebagai edukasi nasabah dan menghitung kebutuhan masa depan nasabah, beliau
bernama Bapak Surya Dwi Hermawan.
Tehnik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini
adalah analisa Deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data-data yang sudah
terkumpul kemudian mengkaitkan antara data-data yang sudah terkumpul dari
proses pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan observasi. Sumber data yang
digunakan penulis ialah data primer. Data primer merupakan data yang diperoleh
secara langsung dari tempat penelitian (lokasi penelitian) dan merupakan data
yang diperoleh dari sumber pertama yaitu seperti hasil wawancara dan
observasi yang berupa keterangan-keterangan dari pihak-pihak yang terkait.
BAB 2
Sejarah perusahaan,
prudential didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential
Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan ritel
berbasis di London, Inggris. Pada tahun 2011, unit asuransi jiwa dari
Prudential dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik oleh majalah investor
untuk perusahaan dengan aset diatas 10 trilyun. PRUDENTIAL selalu menyabet
penghargaan sebagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia setiap tahun
sebagai the best insurance company 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011 dan 2012.
Sehingga prudential dikenal sebagai THE NUMBER ONE dalam asuransi jiwa dan
asuransi kesehatan dengan produk unggulan unit link yang dinilai menguntungkan
nasabah dalam pengembangan nilai tabungan dari hasil investasi dengan
kisaran keuntungan 15% setiap bulan dibagikan ke rekening setiap nasabah.
PRUDENTIAL adalah salah satu dari 100 perusahaan terbesar dunia
saat ini dan salah satu dari perusahaan asuransi terbaik dunia.
Visi
utama PT. Prudential Life Assurance adalah memberikan layanan serangkaian
produk asuransi jiwa tradisional dan dua produk asuransi jiwa yang dikaitkan
dengan investasi (unitlink).
Dengan
kepaduan keahlian local serta pengalaman bersifat internasional, PT. Prudential
Life Assurance telah mengembangkan produk maupun perlindungan yang fleksibel
sesuai dengan kebutuhan nasabah. Hal ini merupakan strategi pemasaran yang
dilakukan Prudential untuk menarik konsumen dengan memberikan pilihan-pilihan
produk yang ditawarkan. Terdapat produk tradisional yang meliputi :
a)
Prulife merupakan asuransi seumur hidup dengan hak pembagian laba.
b)
PruProtection Plus, produk ini memberikan perlindungan kepada Tertanggung
dalam hal tertanggung meninggal dalam masa asuransi, maka 100% dari uang
pertanggungan akan dibayarkan kepada ahli waris atau pihak lain yang ditinjau.
c)
PruSave, produk ini merupakan jenis asuransi Dwi Guna dengan hak pembagian laba
serta memberikan proteksi terhadap cacat total dan tetap dan pembedahan beserta
perawatan di Rumah sakit.
d)
PruCash, produk ini hampir sama dengan produk PruSave hanya bedanya produk ini
memberikan manfaat tahapan jatuh tempo yakni sebesar 10% dari uang
Pertanggungan untuk setiap 3 tahun, yang disesuaikan dengan masa asuransi
polis.
e)
PruInvestor Plus, merupakan kombinasi antara asuransi Dwi Guna dengan hak
pembagian laba (Bonus) dengan asuransi kecelakaan dan unsur investasinya.
f)
PruHospital Care, perawatan PruHospital adalah produk asuransi kesehatan yang
memberikan manfaat harian.
g)
PruMajor Medis, Pru Major Medis dirancang untuk menutupi perlindungan 24
jamkesehatan asuransi yang komprehensif diseluruh dunia.
Produk Asuransi Jiwa
(Unit Link) yang dikaitkan dengan investasi antara lain :
a)
Prulink Investor Account
b)
Prulink Assurance account
Hal
tersebut menunjukkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Prudential
ialah memperbanyak cabang agar menarik konsumen dengan berbagai opsi.
Motto
dari PT.Prudential “always understanding” yang memiliki makna terfokus pada
kebutuhan nasabah tetap menjadi pedoman utama dalam melakukan kegiatan bisnis
di Indonesia. Dengan adanya always understanding and always understanding
tersebut membuat para konsumen untuk lebih terbuka dan merasa diperhatikan sehingga
para nasabah menjadi nasabah tetap.
Dari segi analisis STP
(Segmenting, Targeting and Positioning) :
– Segmentasi pasar PT.
Prudential :
Geografis
(wilayah) : seluruh kota besar di Indonesia.
Demografis () : semua
kalangan menengah ke atas yang membutuhkan keamanan hidup.
Psikografis (gaya hidup
dan kepribadian) : tergantung minat dari konsumen yang ingin berasuransi.
– Targeting (Target
Pasar) : semua kalangan menengah keatas atau berdasarkan kelas sosial.
– Positioning :
PT. Prudential market leader dalam penghasil premi produk unit link di
Indonesia.
Bahasa
yang digunakan dalam berkomunikasi pada perusahaan ini, pekerja menggunakan
bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Apabila nasabah memakai bahasa inggris
maka pekerja menggunakan bahasa inggris juga dalam melayani nasabahnya . Namun
kebanyakan nasabah menggunakan bahasa Indonesia maka pekerja menggunakan bahasa
Indonesia juga . Dikarenakan bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mudah
dipahami oleh calon nasabah.
Peran
bahasa, terutama bahasa inggris dalam bisnis asuransi ini sangatlah penting.
Karena untuk bisa berkomunikasi dengan para nasabah yang berasal dari dalam
negeri maupun turis macanegara, para pekerja maupun sang pemilik perusahaan,
mereka harus bisa berbahasa inggris. Jika ada yang tidak bisa berbahasa
inggris, itu akan menjadi sebuah masalah dalam mempengaruhi keberhasilan dan
membangun bisnis ini. Peran bahasa
inggris di prudential ini, tidak hanya digunakan untuk berinteraksi tentang
jaminan resiko hidup bagi nasabahnya, tetapi juga mengenai keuntungan dan
kerugian apabila tidak mengikuti bisnis ini.
Manfaat
yang didapat dengan menggunakan bahasa inggris dengan baik dalam hal pelayanan
ialah terlihat lebih baik dan professional jika lawan bicara bisa memahami
bahasa inggris.
Dalam
melayani nasabah, pekerja prudential tidak pernah mengalami masalah ataupun
kesulitan dalam hal pelayanan menangani customer dikarenakan pekerja mengetahui
apa kebutuhan nasabah dan juga tau solusinya jikalau ada kesulitan.
Dalam
melakukan pelayanan selama ini pekerja di prudential menggunakan gesture /
isyarat selain bahasa saat beberapa pekerja mengalami kesulitan dalam
menggunakan bahasa inggris dengan lancar, selain itu pekerja menggunakan body
language untuk meyakinkan pernyataan dari pekerja dalam melakukan pelayanan
terhadap nasabah.
Dalam
menarik konsumen perusahaan prudential ini tidak membedakan antara menarik
customer dari kalangan menengah dan atas. Prudential dalam menarik konsumennya
yaitu dengan fact finding , caranya dengan mencari tahu dahulu apa kebutuhan
nasabah dan mempresentasikannya kepada nasabah sesuai dengan kebutuhan nasabah.
Dalam
hal promosi , bahasa yang digunakan pekerja
untuk menarik nasabah ialah bahasa yang mudah dipahami oleh nasabah.
Penghasilan
pekerja prudential dan keuntungan yang didapat customer ialah jikalau
penghasilan pekerja ialah berupa komisi dan berbagai reward seperti jalanjalan
keeropa sedangkan keuntungan customer ialah jikalau customer menabung di
prudential ini mereka akan mendapatkan perlindungan keluarga dari berbagai
resiko hidup.
Kelebihan
dan kekurangan :
Terdapat tunjangan
asuransi yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini sehingga
perusahaan selalu memberikan yang terbaik untuk semua klien.
Karyawan kurang
diperhatikan dalam hal fasilitas dan tunjangan. Namun perusahaan sangat
menekankan karyawannya untuk bisa mengejar target yang diberikan sehingga
membuat karyawan lelah setiap harinya.
Dari
pembahasan makalah ini kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa untuk dapat
memenangkan persaingan dalam pemasaran terlebih dahulu manajemen pemasaran
harus mengetahui situasi apa yang sedang dialami oleh perusahaan sebelum
menentukan strategi apa yang yang cocok digunakan untuk menghadapi situasi
tersebut. Menentukan segmenting, positioning, dan targeting pun harus dilakukan
agar produk yang akan dipasarkan bisa diterima oleh konsumen, juga agar
pemasaran lebih efektif dan efisien perlu dilkakukan riset pemasaran untuk
mendapat data, menjelaskan data serta mengambil tindakan yang sesuai sehingga
pemasaran dapat lebih baik. PT. Prudential tentu melakukan metode STP dan
melakukan riset pemasaran sehingga menjadi perusahaan terbaik di bidangnya di
Indonesia. Dan sangatlah penting peran sebuah bahasa, khususnya bahasa inggris
dalam komunikasi bisnis. Apalagi, jika para nasabah adalah turis macanegara,
tidak semua dari mereka bisa bahasa Indonesia. Contohnya adalah prudential.
Bahasa inggris sangat membantu perusahaan asuransi ini, dan tentunya mempunyai
daya pikat tersendiri dengan cara meyakinkan nasabah dan juga cara interaksi
pekerja dengan nasabahnya yaitu dengan melayaninya dengan baik sehingga bisnis
ini bisa tetap berjaya hingga sekarang. Bahasa inggris juga memberi manfaat
yang luar biasa untuk perusahaan asuransi ini. Tidak hanya menjanjikan tapi
membuktikan kata katanya, yaitu member perlindungan keluarga jikalau nasabah
menabung dan bergabung dengan perusahaan asuransi ini.
Referensi
Chaer,
Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Halliday,M.A.K
DAN Hasan, R. (1992). Bahasa,Konteks dan Teks . (Terjemahan Asruddib Rarori Tou, Yogyakarta,Gajahmada
University,Press.
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis
Komentar
Posting Komentar