Tugas softskill Komunikasi bisnis





Nama : Elvira Ayu Dewi
Kelas : 3SA06
Npm : 13614537






"Bahasa Inggris merupakan berperan penting dalam berkomunikasi bisnis pada ruang lingkup kerja perusahaan asuransi (Prudential) "

BAB 1

Bahasa merupakan suatu ungkapan yang mengandung maksud untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Sesuatu yang dimaksudkan oleh pembicara bisa dipahami dan dimengerti oleh pendengar atau lawan bicara melalui bahasa yang diungkapkan.
Chaer dan Agustina (1995:14) fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi. Kridalaksana (dalam Aminuddin, 1985: 28-29) mengartikan bahasa sebagai suatu sistem lambang arbitrer yang menggunakan suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
Menurut Hallyday (1992), memiliki 7 Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yaitu sebagai  fungsi instrumental : bahasa digunakan untuk memperoleh sesuatu, fungsi regulatoris: bahasa digunakann untuk mengendalikan prilaku orang lain, fungsi intraksional: bahasa digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain, fungsi personal: bahasa dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain, fungsi heuristik: bahasa dapat digunakan untuk belajar dan menemukan sesuatu, dan terakhir ialah fungsi imajinatif: bahasa dapat difungsikan untuk menciptakan dunia imajinasi, fungsi representasional: bahasa difungsikan untuk menyampaikan informasi.
Menurut Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut. 
Menurut Purwanto (2006:4), Pengertian komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya, terdapat 2 bentuk dasar komunikasi dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal, yang pertama ialah komunikasi verbal yang merupakan salah satu bentuk komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik tertulis (written) maupun lisan (oral). Komunikasi verbal ini memiliki struktur teratur dan terorganisasi dengan baik, sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai dengan baik. Dalam dunia bisnis, beberapa contoh komunikasi verbal yakni: penyampaian pesan melalui surat, memo, teknologi komunikasi modern, rapat pimpinan, briefing kepada karyawan, wawancara kerja, dan presentasi, dan lain-lain. Yang kedua ialah komunikasi nonverbal. Berdasarkan teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, mereka telah menggunakan komunikasi nonverbal dalam gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh (body language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Contoh sederhana komunikasi nonverbal: sikap seseorang yang secara spontan mengerutkan dahi, raut muka yang berubah, atau mata berkedip-kedip tanpa disengaja dan tak pernah direncanakan sebelumnya. Contoh lainnya, disaat Anda memperoleh kabar bahwa anak kesayangan anda satu-satunya mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama dalam lomba tingkat nasional atau internasional! Bagaimana reaksi anda pada saat itu? Senang bercampur haru, Atau melihat ekspresi wajah rekan Anda yang menghadapi masalah, kesusahan maupun mereka yang senang atau gembira.
Di era globalisasi yang semakin lama mengikuti peradaban zaman, maka hubungan internasional semakin diperluas. Tidak hanya dalam hubungan internasional, kemajuan teknologi juga sangat berperan di era globalisasi ini. Dalam hubungan internasional diikuti oleh berbagai macam Negara diseluruh penjuru dunia. Dalam hubungan internasional banyak pula kerja sama yang dilakukan, diantaranya yaitu usaha politik, usaha keamanan dan ketertiban Negara, usaha komoditi ekspor dan import, bisnis, hubungan diplomatik dll. Dalam hubungan internasional digunakan pula komunikasi untuk menunjang suksesnya kerja sama tersebut. Agar negoisasi bisnis dengan negara lain berjalan dengan lancar perlu adanya sebuah bahasa komunikasi yang dimengerti oleh kedua belah pihak. Komunikasi dapat berupa lisan maupun tulisan, Bahasa inggris dipilih menjadi bahasa “bisnis” atau bahasa untuk mereka berkomunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman saat menjalin kerja sama. Bahasa inggris di dalam era globalisasi ini digunakan sebagai bahasa bisnis, bahasa pergaulan internasional, pengerektutan karyawan di perusahan berskala internasional. Oleh karena itu seiring berkembangnya zaman kita harus dituntut untuk lebih mengenal bahasa asing atau bahasa inggris bahkan bisa dikatakan bahwa penguasaan bahasa inggris sangat berpengaruh dalam persyaratan yang diajukan. perusahaan untuk merekrut para karyawannya. Jadi jangan heran jika banyak perusahaan mewajibkan pekerjanya memiliki kemampuan berbahasa inggris.
Dalam era yang serba modern seperti saat ini, tingkat persaingan bisnis yang tinggi membuat perusahaan berlomba-lomba untuk mempertahankan, memenangkan persaingan pasar serta memperluas keeksistensiannya. Industri sejenis akan selalu berusaha memperebutkan pasar yang sama. Imbas dari persaingan itu tentunya sangat jelas dimana konsumen kemudian menjadi semakin kritis memilih yang terbaik bagi mereka. Maka dari itu pemasaran perlu mengetahui dan mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen, serta karakter yang dimiliki konsumen. Salah satu bidang bisnis yang berkembang pesat saat ini adalah insurance ( asuransi) Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya populasi masyarakat yang banyak dan tingkat kebutuhan masyarakat akan jaminan resiko hidup. Apa itu polis asuransi? Yang dimaksud dengan polis asuransi adalah suatu perjanjian asuransi ataupun pertanggungan yang sifatnya konsensual atau terdapat kesepakatan. Polis asuransi ini harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak-pihak yang mengadakan perjanjian, dan pada akta yang dibuat secara tertulis tersebutlah yang dinamakan sebagai Polis asuransi. Jadi polis asuransi yaitu suatu tanda bukti tertulis kesepakatan antara pihak tertanggung (nasabah) dan pihak penanggung (perusahaan asuransi).
Pada laporan ini, penulis akan menceritakan dan juga memberikan hasil tentang kegiatannya untuk menyelesaikan matakuliah Komunikasi Bisnis yang merupakan matakuliah softskill serta mengetahui  bagaimana sejarah, visi misi perusahaan, peran bahasa dalam perusahaan tersebut sebagai bentuk komunikasi bisnis, serta informasi lainnya. Tempat yang penulis kunjungi untuk mendapatkan informasi untuk bisa menyelesaikan tugas kuliah tersebut adalah Prudential yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kav.79, Jakarta Selatan. Penulis mendapatkan hasil laporan ini dari narasumber yang merupakan seorang pekerja  di prudential bagian financial advisor/ perencana keuangan yang memiliki pekerjaan sebagai edukasi nasabah dan menghitung kebutuhan masa depan nasabah, beliau bernama Bapak Surya Dwi Hermawan.
Tehnik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisa Deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data-data yang sudah terkumpul kemudian mengkaitkan antara data-data yang sudah terkumpul dari proses pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan penulis ialah data primer. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari tempat penelitian (lokasi penelitian) dan merupakan data yang diperoleh dari sumber pertama  yaitu seperti hasil wawancara dan observasi yang berupa keterangan-keterangan dari pihak-pihak yang terkait.





BAB 2
Sejarah perusahaan, prudential didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan ritel berbasis di London, Inggris. Pada tahun 2011, unit asuransi jiwa dari Prudential dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik oleh majalah investor untuk perusahaan dengan aset diatas 10 trilyun. PRUDENTIAL selalu menyabet penghargaan sebagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia setiap tahun sebagai the best insurance company 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011 dan 2012. Sehingga prudential dikenal sebagai THE NUMBER ONE dalam asuransi jiwa dan asuransi kesehatan dengan produk unggulan unit link yang dinilai menguntungkan nasabah dalam pengembangan nilai tabungan dari hasil  investasi dengan kisaran keuntungan 15% setiap bulan dibagikan ke rekening setiap nasabah.  PRUDENTIAL  adalah salah satu dari 100 perusahaan terbesar dunia saat ini dan salah satu dari perusahaan asuransi terbaik dunia.
Visi utama PT. Prudential Life Assurance adalah memberikan layanan serangkaian produk asuransi jiwa tradisional dan dua produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unitlink).
Dengan kepaduan keahlian local serta pengalaman bersifat internasional, PT. Prudential Life Assurance telah mengembangkan produk maupun perlindungan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan nasabah. Hal ini merupakan strategi pemasaran yang dilakukan Prudential untuk menarik konsumen dengan memberikan pilihan-pilihan produk yang  ditawarkan. Terdapat produk tradisional yang meliputi :
a)      Prulife merupakan asuransi seumur hidup dengan hak pembagian laba.
b)      PruProtection Plus, produk ini memberikan perlindungan kepada Tertanggung  dalam hal tertanggung meninggal dalam masa asuransi, maka 100% dari uang pertanggungan akan dibayarkan kepada ahli waris atau pihak lain yang ditinjau.
c)      PruSave, produk ini merupakan jenis asuransi Dwi Guna dengan hak pembagian laba serta memberikan proteksi terhadap cacat total dan tetap dan pembedahan beserta perawatan di Rumah sakit.
d)      PruCash, produk ini hampir sama dengan produk PruSave hanya bedanya produk ini memberikan manfaat tahapan jatuh tempo yakni sebesar 10% dari uang Pertanggungan untuk setiap 3 tahun, yang disesuaikan dengan masa asuransi polis.
e)      PruInvestor Plus, merupakan kombinasi antara asuransi Dwi Guna dengan hak pembagian laba (Bonus) dengan asuransi kecelakaan dan unsur investasinya.
f)       PruHospital Care, perawatan PruHospital adalah produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat harian.
g)      PruMajor Medis, Pru Major Medis dirancang untuk menutupi perlindungan 24 jamkesehatan asuransi yang komprehensif diseluruh dunia.
Produk Asuransi Jiwa (Unit Link) yang dikaitkan dengan investasi antara lain :
a)      Prulink Investor Account
b)      Prulink Assurance account

Hal tersebut menunjukkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Prudential ialah memperbanyak cabang agar menarik konsumen dengan berbagai opsi.
Motto dari PT.Prudential “always understanding” yang memiliki makna terfokus pada kebutuhan nasabah tetap menjadi pedoman utama dalam melakukan kegiatan bisnis di Indonesia. Dengan adanya always understanding and always understanding tersebut membuat para konsumen untuk lebih terbuka dan merasa diperhatikan sehingga para nasabah menjadi nasabah tetap.
Dari segi analisis STP (Segmenting, Targeting and Positioning) :
– Segmentasi pasar PT. Prudential  :
Geografis  (wilayah) : seluruh kota besar di Indonesia.
Demografis () : semua kalangan menengah ke atas yang membutuhkan keamanan hidup.
Psikografis (gaya hidup dan kepribadian) : tergantung minat dari konsumen yang ingin berasuransi.
– Targeting (Target Pasar) : semua kalangan menengah keatas atau berdasarkan kelas sosial.
– Positioning  : PT. Prudential market leader dalam penghasil premi produk unit link di Indonesia.
Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi pada perusahaan ini, pekerja menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Apabila nasabah memakai bahasa inggris maka pekerja menggunakan bahasa inggris juga dalam melayani nasabahnya . Namun kebanyakan nasabah menggunakan bahasa Indonesia maka pekerja menggunakan bahasa Indonesia juga . Dikarenakan bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mudah dipahami oleh calon nasabah.
Peran bahasa, terutama bahasa inggris dalam bisnis asuransi ini sangatlah penting. Karena untuk bisa berkomunikasi dengan para nasabah yang berasal dari dalam negeri maupun turis macanegara, para pekerja maupun sang pemilik perusahaan, mereka harus bisa berbahasa inggris. Jika ada yang tidak bisa berbahasa inggris, itu akan menjadi sebuah masalah dalam mempengaruhi keberhasilan dan membangun  bisnis ini. Peran bahasa inggris di prudential ini, tidak hanya digunakan untuk berinteraksi tentang jaminan resiko hidup bagi nasabahnya, tetapi juga mengenai keuntungan dan kerugian apabila tidak mengikuti bisnis ini.
Manfaat yang didapat dengan menggunakan bahasa inggris dengan baik dalam hal pelayanan ialah terlihat lebih baik dan professional jika lawan bicara bisa memahami bahasa inggris.
Dalam melayani nasabah, pekerja prudential tidak pernah mengalami masalah ataupun kesulitan dalam hal pelayanan menangani customer dikarenakan pekerja mengetahui apa kebutuhan nasabah dan juga tau solusinya jikalau ada kesulitan.
Dalam melakukan pelayanan selama ini pekerja di prudential menggunakan gesture / isyarat selain bahasa saat beberapa pekerja mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa inggris dengan lancar, selain itu pekerja menggunakan body language untuk meyakinkan pernyataan dari pekerja dalam melakukan pelayanan terhadap nasabah.
Dalam menarik konsumen perusahaan prudential ini tidak membedakan antara menarik customer dari kalangan menengah dan atas. Prudential dalam menarik konsumennya yaitu dengan fact finding , caranya dengan mencari tahu dahulu apa kebutuhan nasabah dan mempresentasikannya kepada nasabah sesuai dengan kebutuhan nasabah.
Dalam hal promosi , bahasa yang digunakan pekerja  untuk menarik nasabah ialah bahasa yang mudah dipahami oleh nasabah.
Penghasilan pekerja prudential dan keuntungan yang didapat customer ialah jikalau penghasilan pekerja ialah berupa komisi dan berbagai reward seperti jalanjalan keeropa sedangkan keuntungan customer ialah jikalau customer menabung di prudential ini mereka akan mendapatkan perlindungan keluarga dari berbagai resiko hidup.
Kelebihan dan kekurangan :
Terdapat tunjangan asuransi yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini sehingga perusahaan selalu memberikan yang terbaik untuk semua klien.
Karyawan kurang diperhatikan dalam hal fasilitas dan tunjangan. Namun perusahaan sangat menekankan karyawannya untuk bisa mengejar target yang diberikan sehingga membuat karyawan lelah setiap harinya.

Dari pembahasan makalah ini kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa untuk dapat memenangkan persaingan dalam pemasaran terlebih dahulu manajemen pemasaran harus mengetahui situasi apa yang sedang dialami oleh perusahaan sebelum menentukan strategi apa yang yang cocok digunakan untuk menghadapi situasi tersebut. Menentukan segmenting, positioning, dan targeting pun harus dilakukan agar produk yang akan dipasarkan bisa diterima oleh konsumen, juga agar pemasaran lebih efektif dan efisien perlu dilkakukan riset pemasaran untuk mendapat data, menjelaskan data serta mengambil tindakan yang sesuai sehingga pemasaran dapat lebih baik. PT. Prudential tentu melakukan metode STP dan melakukan riset pemasaran sehingga menjadi perusahaan terbaik di bidangnya di Indonesia. Dan sangatlah penting peran sebuah bahasa, khususnya bahasa inggris dalam komunikasi bisnis. Apalagi, jika para nasabah adalah turis macanegara, tidak semua dari mereka bisa bahasa Indonesia. Contohnya adalah prudential. Bahasa inggris sangat membantu perusahaan asuransi ini, dan tentunya mempunyai daya pikat tersendiri dengan cara meyakinkan nasabah dan juga cara interaksi pekerja dengan nasabahnya yaitu dengan melayaninya dengan baik sehingga bisnis ini bisa tetap berjaya hingga sekarang. Bahasa inggris juga memberi manfaat yang luar biasa untuk perusahaan asuransi ini. Tidak hanya menjanjikan tapi membuktikan kata katanya, yaitu member perlindungan keluarga jikalau nasabah menabung dan bergabung dengan perusahaan asuransi ini.






Referensi
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Halliday,M.A.K DAN Hasan, R. (1992). Bahasa,Konteks dan Teks . (Terjemahan  Asruddib Rarori Tou, Yogyakarta,Gajahmada University,Press.

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis

Komentar

Postingan Populer