Tugas Kewirausahaan 2

Elvira Ayu Dewi/ 13614537
2SA06
Kewirausahaan Assigment


Bentuk Inovasi Produk/ Jasa


1. Jasa Pembawa Acara
 


Sekarang banyak disetiap acara pasti adanya pembawa acara, tujuannya dari adanya pembawa acara ialah memastikan acara berlangsung on time, tepat waktu, sesuai dengan susunan atau rundown acara, mengenalkan dan "menyanjung" pengisi acara, dan menjadi "komandan audiens" layaknya "koordinator penonton". Jadi pembawa acara sangatlah dipentingkan dalam suatu acara karena merekalah  yang bertanggung jawab memastikan acara berjalan waktu dan sesuai dengan urutan acara yang ditetapkan.
 

2. Jasa Fotografer

 
Saya memilih jasa fotografer , sebabnya dikarenakan pada jaman sekarang semua orang dari kalangan anak muda sampai orang tua suka difoto dan juga banyak orang menyukai hasil karya dari foto foto keindahan alam dan mereka cenderung membeli karya tersebut sebagai koleksinya, tujuan adanya fotografer itu sendiri yaitu untuk mempermudah orang orang yang tidak ingin ribet dengan mesti membawa kamera kemana kemana , tidak perlu menyewa kamera dan juga tidak mengkhawatirkan dengan hasil foto yang tidak bagus.


3. ScrapBook (Produk)

·         Alat dan Bahan Cara Membuat Scrapbook :

Sebelum mengawali cara membuat scrapbook, pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu alat-alat beserta bahannya. Bebagai bahan pembuatan scrapbook ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di beberapa toko alat tulis terdekat.
1.      Kertas khusus scrapbook
2.      Kertas warna – warni atau kertas origami
3.      Gunting
4.      Lem kertas
5.      Pensil warna, crayon atau spidol
6.      Album atau foto kenangan
7.      Pernak – pernik hiasan, seperti pita, kancing dan lain sebagainya
 
·         Langkah-langkah Cara Membuat Scrapbook :
Jika semua alat dan bahan telah terkumpul, maka proses selanjutnya adalah menyiapkan materi yang akan menjadi isi dari scrapbook tersebut, misal berupa foto, tiket bioskop dan sebagainya. Pastikan semua materi yang kamu siapkan berbentuk pipih agar scrapbook dapat ditutup dengan sempurna.

Langkah-langkah cara membuat scrapbook :

1.      Tentukan Tema Apa yang Ada di Scrapbook

Sebelum melakukan penyusunan scrapbook, ada baiknya jika kamu menentukan tema-nya terlebih dahulu. Dengan pemilihan tema yang tepat, maka penentuan foto, layout beserta hiasan pada scrapbook pun akan menjadi lebih mudah.
Misal, jika kamu ingin membuat scrapbook ulang tahun sahabat terdekat mu, maka kamu dapat menyisipkan beberapa foto album terbaik sahabat terdekat mu. Berbagai hiasan dapat kamu pilih sesuai dengan favorit warna kesukaan sahabat terdekat mu.
Namun, jika kamu tidak mempunyai ide tema khusus dan hanya ingin membuat scrapbook hanya untuk kepemilikan pribadi, maka kamu dapat memasukkan apa saja ke dalam scrapbook tersebut selama itu masih dirasa penting atau momen terindah mu.

2.      Tentukan Setting Cerita yang akan Digunakan

Setelah menentukan tema, selanjutnya yaitu menentukan cerita pada scrapbook tersebut. Meskipun bisa dibuat tanpa alur, namun scrapbook dengan alur cerita yang rapi akan membuat isi di dalam nya menjadi lebih hidup, bahkan seolah-olah bisa menjadi sebuah mesin waktu yang mengingatkan kita pada momen terpenting dalam hidup.

Misalnya, jika kamu ingin membuat scrapbook untuk teman masa kecil mu, maka kamu dapat membuat isi dalam scrapbook berdasarkan rincian waktu. Pada halaman awal, tempelkan lah foto disaat kalian masih berada di sekolah dasar. Kemudian dilanjutkan dengan foto kenangan semasa SMP hingga berlanjut ke SMA dan seterusnya.

3.      Pilih Item yang Sesuai untuk Scrapbook

Mulailah dengan memilih foto, tiket bioskop, memo dan berbagai macam item yang lain, asalkan item tersebut berkaitan dengan cerita dan tema pada scrapbook yang akan dibuat. Pilihlah beberapa momen yang paling mengesankan agar scrapbook tampak lebih menarik dan istimewa.

4.      Buat Tata Letak Scrapbook Beserta Hiasan Dasarnya

Mulailah dengan memilih foto, tiket bioskop, memo dan berbagai macam item yang lain, asalkan item tersebut berkaitan dengan cerita dan tema pada scrapbook yang akan dibuat. Pilihlah beberapa momen yang paling mengesankan agar scrapbook tampak lebih menarik dan istimewa.
 Dimulai dengan proses penyusunan, mula-mula buatlah sebuah hiasan dasar terlebih dahulu pada tiap lembaran kertas scrapbook. Hiasan dasar yang bisa kamu buat diantaranya yaitu wallpaper, ornamen dan lain sebagainya. Khusus untuk tema tertentu, kamu dapat membuat setiap hiasan dasar yang serupa pada setiap halamannya atau berkaitan antara satu halaman dengan halaman lain.Sembari membuat hiasan dasar, kamu juga dapat menentukan layout mana yang akan kamu gunakan pada scrapbook. 

Tentukan posisi mana yang akan kamu gunakan untuk menaruh judul, foto, komentar dan berbagai item lainnya. Dengan begitu, hiasan dasar pada scrapbook akan menyatu dan selaras dengan isinya.

5.      Menempelkan Foto pada Scrapbook

Jika semua halaman telah dihiasi dengan hiasan dasar, sekarang mari kita awali dengan menempelkan beberapa foto. Kamu dapat menempelkan foto secara langsung di atas lembaran scrapbook dengan menggunakan lem kertas.

Jika ada foto yang memiliki ukuran terlalu besar, maka kamu harus memotongnya terlebih dahulu agar sesuai dengan ukuran dari scrapbook. Teknik memotongnya pun tidak harus dengan pola berbentuk persegi, bisa saja kamu variasikan sesuai dengan keinginanmu seperti abstrak, bulat dan sebagainya.

Selain menempelkan foto secara langsung, kamu juga dapat berkreasi dengan kertas warna-warni yang bisa kamu manfaatkan sebagai alas dari foto tersebut. Dengan cara tersebut, foto memori akan terlihat seperti memiliki frame atau pigura yang indah.

 6.      Beri Judul pada Halaman Scrapbook

Setelah foto ditempelkan, langkah berikutnya adalah memberikan judul pada halaman scrapbook. Pemberian judul ini bisa kamu lakukan secara langsung dengan memanfaatkan spidol, pensil warna ataupun crayon.
Biar lebih bervariasi, kamu bisa membuat judulnya dengan menggunakan potongan kertas berwarna, solasi atau bahan lainnya. Khusus jika kamu ingin membuat bentuk tulisan judul dengan menggunakan font tertentu, maka kamu harus mendesainnya terlebih dahulu dengan media komputer. Setelah itu, cetak font tersebut dengan menggunakan printer.
7.      Beri Komentar pada Tiap Item yang Dimasukkan
Setelah membuat judul, tambahkanlah komentar atau caption cerita pada setiap foto dan item lainnya yang ada di dalam scrapbook. Hal ini sangatlah penting, mengingat komentar dan cerita akan membuat beberapa item yang ada di scrapbook menjadi lebih hidup.
Komentar dan cerita yang akan kamu tulis bisa dengan menggunakan beragam jenis, mulai dari nama, tanggal, quotes, pengalaman lucu hingga lirik lagu, Semua dapat kamu tulis secara langsung melalui tangan ataupun memanfaatkan media komputer.
8.      Berikan Hiasan Tambahan

Setelah semuanya rampung, kini saatnya kamu untuk menghias scrapbook dengan berbagai aksesoris yang sudah dipersiapkan. Pita, kancing, benang dan pernak-pernik lainnya bisa kamu manfaatkan sebagai aksesoris.Tempelkan aksesoris tersebut di beberapa halaman scrapbook. Tujuannyam agar scrapbook tampak lebih meriah dan menawan. Perlu diingat jika aksesoris tersebut hanyalah item tambahan saja, jangan sampai item tambahan tersebut mengurangi makna dari item utamanya.

9.      Sisipkan Item ke dalam Album

Setelah semua halaman scrapbook selesai disusun, langkah terakhir dari proses pembuatan scrapbook adalahmemasukkan semua barang yang membuat paling berkesan ke dalam album scrapbook. Setelah selesai, album scrapbook kini siap untuk disimpan ataupun diberikan sebagai tanda hadiah.

·         Cara menggunakannya : tinggal membuka halaman didalam scrapbook tersebut dan tinggal membolak balik halamannya untuk melihat beberapa foto-foto yang ada disana.

·         Sebab / Tujuan : produk ini sangat kreatif, memang memerlukan kesabaran dan juga kreatifitas yang tinggi. Namun produk ini banyak diminati kaum hawa selain bentuk nya lucu, hiasannya pun menarik. Walau banyak yang telah menjual aneka scrapbook di berbagai toko buku tetapi jika membuatnya sendiri akan lebih ada kepuasan tersendiri apalagi itu untuk kado buat seseorang yang kita sayangi ataupun buat diri sendiri.

·         Kegunaan Scrapbook : Dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai memori terindah yang pernah kamu lewati sepanjang hidup, seperti kenangan bersama sahabat, keluarga bahkan kekasih tercinta. Di dalam scrapbook, kamu dapat menyimpan benda apapun yang menyimpan sejuta kenangan terindah bersama orang-orang kamu cintai.
 
 
 

Komentar

Postingan Populer